Cara Mengoptimalkan Blog Anda

Optimalkah kinerja blog anda? 
Anda mempunyai blog di blogspot? Anda menggunakan setting default blogspot? atau anda sudah memodifikasi performa blog anda? Tahukah anda bahwa setting default blogspot belum optimal? Bukankah kita ngeblog salah satu motivasinya adalah menyampaikan opini kita kepada khalayak ramai, atau juga sekedar hobi, atau mungkin untuk mencari tambahan penghasilan? Apapun motivasi anda, artinya: anda membutuhkan pembaca atau pengunjung ke blog anda.
Nah bagaimana menarik hati pengunjung (ada disini kok)? Bagaimana cara pengunjung bisa dengan mudah menemukan keberadaan blog kita? Sebuah sirkulasi lingkaran setan tentang penjelasan optimasi blog, Promosi blog dan monetisasi. Mana yang lebih didahulukan? Meng-optimalkan blog ataukah me-monetize blog anda? Jawaban yang pasti "optimalkan blog anda, dan advertiser (uang) akan mulai melirik anda". Bagi beginner blog (newby) atau apapun namanya, saya ada pengalaman yang akan saya tulis disini dan semoga bermanfaat, dan bagi senior mohon petunjuk untuk penyempurnaan tulisan ini.


Langkah optimasi blog di www.blogger.com .

Sadarkah Anda bahwa judul (title) Blog anda adalah kunci utama dalam pencarian sebuah blog? Saya pada awalnya nggak peduli dengan judul blog saya ini. Sering gonta ganti judul. Alhasil....... setiap kali saya search pake google maupun yahoo atau serch enggine yang lain selalu kacau. Misalnya hari ini saya pake judul "sawasanganam's-blog" besok saya ganti lagi dengan title "sawasanganam". Ternyata hasil pencarian search enggine, nggak nemuin apa-apa. Memang sih ada yang ketemu. itupun pada urutan yang ke sekian juta. Akirnya saya berpendapat jangan pernah ganti judul blog (blog title) anda. Anda tahu kan dimana letak penggantian judul blog ini? Benar! Pada menu pengaturan (setting) dan sub menu dasar (basic) di Panel kontro (control Panel) blog anda. Ini yang pertama.

Kedua. Pada sub menu Format (formating) Jangan tampilkan postingan pada halaman depan blog (main page) anda lebih dari 5 postingan. Sebenarnya Anda dapat mengisikan angka berapapun di kolom ini. Catatan saya begini: saya pernah mengaktifkan 1 posting per page. Kemudian saya test berat (size) blog saya di iwebtool. Hasilnya: size blog saya 45kb. Lalu saya ganti 5 post per page. Test lagi berat blog saya, ternyata bengkah! 106,5 Kb. Padahal saya udah menggunakan fitur readmore yang pake javascript (itu lho.... fitur read more yang bila kita klik baca selengkapnya, akan nampak semua postingan kita tanpa harus reload page). Saya coba lagi masukkan angka 5 post per page, dan saya rubah fitur readmore dengan fitur read more classic (yang kalo di klik readmore maka kita akan loading page dari awal) hasil pengujian berat blog merosot jauh, 56 Kb. artinya...... dari pengalaman saya ini saya berpendapat semakin banyak post di main page, semakin berat blog kita, dan semakin lama waktu loading page kita. Yang finally pengunjung ogah kunjung lagi ke blog kita, karena dirasa berat.

Ketiga. Bangunlah sebuah Feeds. Saya contohkan Feedburner. Anda bisa lihat panduannya di sini. Yang harus anda ingat pada menu pengaturan (setting) dan submenu feeds situs, anda masukkan alamat feeds situs anda yang diberikan oleh feedburner (ini berlaku bagi yang menggunakan fasilitas feeds dari penyelia RSS feeds seperti feedburner). Nah bagi anda yang belum berlangganan dengan salah satu penyelia feeds (saya contohkan feedburner) isikan saja alamat: http://namabloganda.blogspot.com/atom.xml pada tab Pengubahan Arah Feed. Pertanyaannya: Kenapa? karena: atom.xml inilah yang akan berfungsi sebagai sitemap blog anda. Sitemap apa pula itu? saya akan bahas ini pada bagian yang lain.

Keempat. Tambahkan alamat blog anda pada web direcrory . Saya contohkan disini Google. Fungsi dari penambahan alamat situs ini adalah agar mesin pencari (search enggine) dapat mendeteksi keberadaan situs anda melalui alamat yang anda masukkan tadi. Anda dapat mendaftarkan situs anda ke google dengan klik disini atau anda copy paste - kan alamat ini ke address bar browser anda "www.google.com/addurl". Pada kolom komentar, isikan kata kunci pencarian (keyword search) yang isinya kurang lebih tema yang berkaitan dengan materi blog anda Lihat disini untuk detailnya

Kelima. Verifikasi kepemilikan blog anda melalui google webmaster. Klik disini untuk memverifikasi. Pilih cara verifikasi yang paling mudah, yaitu add meta tag. Caranya: Copy code html yang diberikan google, kemudian masukklah ke panel control blog anda sub menu (tab) edit html. Lalu paste-kan kode tersebut persis di bawah kode dan klik simpan pengaturan (save setting). Nah anda baru boleh kembali ke halaman Verifikasi situs anda di halaman webmaster/tolls - nya google dan klik verification.

Keenam. Masukkan Sitemap blog anda. Caranya: masih tetap di halaman webmaster/tolls, klik add sitemaps. lalu anda pilih jenis sitemap: general web sitemaps. Lalu isikan alamat "atom.xml" atau "rss.xml" dan klik add. Tunggulah beberapa saat. Pada template classic punya blogspot, pendeteksian mungkin hanya beberapa menit (rata-rata 4 s/d 6 menit tergantung jumlah judul postingan anda). Tetapi pada template beta, pendeteksian ini mungkin membutuhkan waktu 10 s/d 16 jam. Maka saran saya: Pilihlah template classic yang diberikan blogger.com . Toh pada akirnya anda dapat memodifikasi template ini pada kemudian hari.

Ketujuh. Daftarkan blog anda ke berbagai situs blogwalking. Saya contohkan disini Technorati . Bagi blogger kawakan tentu sudah faham benar siapa technorati ini. Tapi bagi newby (termasuk saya) mungkin belum terlalu faham apa itu technorati. Kurang lebihnya: Technorati bertindak lebih seperti bapak asuh bagi kaum blog. Prinsipnya, sang technorati akan selalu memantau blog yang udah didaftarkan kepadanya. Termasuk didalamnya technorati akan menerima notifikasi setelah blog anda di update (ada perubahan pada blog anda) Perubahan ini dicatat oleh technorati. Tidak hanya sampai disitu: Technorati juga dapat anda manfaatkan untuk mencari blog siapa saja yang mempunyai tema (niche) yang mirip dengan tema anda (sebagian orang menyebut blog competitor). Nah dengan melihat blog komentitor, anda dapat melihat celah mana yang dapat anda masuki (maksudnya..... Post apa yang harus di buat besok ya......) Cobalah cari blog competitor blog anda dengan mengetikkan "http://technorati.com/blogs/namabloganda.blogspot.com?reaction" pada address bar browser anda. Gantilah namabloganda dengan nama blog yang anda kelola.


Outority penulis:Sawasanganam.blogspot.com

1 komentar:

hori mengatakan...

wah boleh juga nih tipsnya, thanks gan . . kunjung juga di blog saya, ada beberapa tips blogger menarik http://horier.blogspot.com