NILAI SEBUAH KESEHATAN

Setiap orang pasti ingin hidupnya sehat, kesehatan bukan hanya milik pejabat atau orang kaya, tapi milik semua orang. Jika kesehatan seseorang berkurang (sakit), maka untuk memperoleh rasa sehat (kesembuhan) itu segala upaya akan dilakukan, harta bukan persoalan, pengobatan berbau syirik bisa dijadikan pilihan sehingga iman pun dipertaruhkan dan terkadang karena tidak sanggup menahan rasa sakit yang berkepanjangan jalan pintas dengan cara bunuh diri terpaksa harus dilakukan, ini membuktikan bahwa nilai kesehatan sangatlah besar bagi kita semua.

Pemerintah sebagai pengayum harus berusaha maksimal memberikan perlindungan dan penjaminan kesehatan bagi masyarakatnya. Mulai dari kebijakan, pelaksanaan - pelayanan dan pengawasan harus betul-betul prima, sehingga tidak ada lagi warga masyarakat yang tidak bisa/tertolak untuk berobat, tidak ada lagi penyalahgunaan penjaminan itu, tidak ada lagi layanan kesehatan yang tidak berfungsi dan sasaran untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarkat bisa maksimal.

Namun peran pemerintah tidaklah cukup, sebab penjamin kesehatan sesungguhnya terletak pada diri kita sendiri, baik sebagai individu atau sebagai warga masyarakat. Bagaimana cara menjaga kebersihan diri, lingkungan, mengatur pola makan yang baik dan berolah raga secara rutin hanya kita yang mengetahui dan melaksanakannya

Dari itu mulai diri kita, keluarga, masyarakat dan dengan difasilitasi oleh pemerintah, marilah bersama-sama berupaya menjaga kesehatan diri dan lingkungan dengan sebaik-baiknya. Orang bijak berkata :” Obat yang paling manjur untuk segala penyakit adalah menghindari sumber penyebab penyakit itu sendiri”.


Tidak ada komentar: